Vaksinasi dan Aksi Sosial Warnai Peringatan HBA Ke 61 di Kejari Indramayu

INDRAMAYU, majalah-prosekutor.com – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Indramayu, Denny Achmad, beserta seluruh jajarannya, mengikuti peringatan Hari Bhakti Adhiyaksa (HBA) ke 61 secara virtual, di Aula Kejaksaan Negeri setempat, pada Kamis (22/07/2021).

Dalam upacara virtual tersebut, Jaksa Agung Republik Indonesia, Burhanuddin bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara ini diikuti oleh seluruh Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri se Indonesia, di kantor masing-masing.

Denny Achmad mengatakan, dilakukannya upacara peringatan HBA secara virtual ini, merupakan salah satu bentuk dukungan Kejaksaan terhadap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dicanangkan oleh Pemerintah untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

“Saat ini, program dari Jaksa Agung kita harus benar-benar mendukung PPKM darurat. Kejaksaan harus ikut serta dan terjun langsung dalam pelaksanaan pencegahan Covid-19,” katanya.

Kegiatan Upacara Virtual Peringatan HBA tersebut berjalan lancar dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat bagi peserta yang hadir, setelah itu dilanjutkan dengan potong tumpeng bersama seluruh jajaran Kejaksaan di Indonesia.

BAKTI SOSIAL 

Sebelumnya, Kejari Indramayu dalam rangkaian peringatan HBA ke 61 telah mengadakan berbagai kegiatan sosial, di antaranya dengan kembali menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum.

Pelaksanaan vaksinasi kali ini merupakan gelombang kedua dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) setelah sebelumnya dilakukan vaksinasi pada gelombang pertama.

Denny Achmad, S.H., M.H. mengatakan, kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum merupakan rangkaian peringatan HBA ke-61 tahun di Indramayu. Pihaknya mengapresiasi antusiasme masyarakat Indramayu yang berdatangan untuk mengikuti vaksinasi dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Alhamdulillah pada hari ini kami melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat Indramayu. Kegiatan vaksinasi ini juga merupakan dukungan kami dari Kejari Indramayu terhadap Pelaksanaan PPKM Darurat Covid-19 di wilayah Indramayu.”

Denny menuturkan, dengan dilaksanakannya vaksinasi tersebut, masyarakat Indramayu yang sudah divaksin diharapkan tidak terpapar wabah Covid-19, serta diharapkan mampu memutus mata rantai penularan Covid-19 di Indramayu.

Denny menjelaskan, kegiatan vaksinasi gelombang kedua telah diikuti oleh 400 orang yang terdiri dari masyarakat umum dan pelajar di atas usia 12 tahun.

“Ada peningkatan jumlah masyarakat yang ingin divaksin dibandingkan pada vaksinasi di gelombang pertama yang hanya diikuti oleh 234 orang,” katanya.

Dia mengungkapkan, pihaknya berencana akan melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19, jika target vaksinasi di Kabupaten Indramayu masih belum terpenuhi. Pasalnya, imbuh Denny, saat ini kegiatan vaksinasi untuk masyarakat Indramayu gencar dilakukan baik dari Pemkab Indramayu maupun TNI dan Polri.

Denny berharap, dengan adanya vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Kejari Indramayu dapat menciptakan herd immunity, termasuk tidak termakan berita atau informasi yang menyesatkan terkait bahaya vaksinasi.

“Saya berharap masyarakat tidak takut untuk divaksin. Insya Allah vaksinasi ini aman untuk kekebalan tubuh kita sendiri, serta jangan termakan berita hoaks,” harapannya.

Sementara itu Syafira Afriany Nabilah, pelajar dari SMP 1 Sindang Indramayu, mengungkapkan, ia sangat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 setelah mengetahui informasi dari pihak sekolah. Menurut gadis tanggung itu, sesudah disuntik vaksin merasa aman, serta tidak merasakan efek yang banyak ditakuti oleh banyak orang.

Selain vaksinasi, Kejari Indramayu juga membagikan bantuan paket sembako kepada yatim piatu, panti jompo, masyarakat terdampak pandemi Covid-19 serta yang sedang isolasi mandiri.

Bantuan berupa kebutuhan pokok itu diserahkan oleh Kejaksaaan Negeri Indramayu, diantaranya kepada Panti Asuhan Asrama Putri Al- Urwatul Wutsqo, petugas Cleaning Service dan honorer di Kejaksaan Negeri Indramayu, Panti Sosial Tresna Werdha “Kasih Ibu”, Panti Asuhan Arrahmah Abu Hurairah, serta beberapa masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri dan terdampak langsung dari pandemi Covid-19.franky-MP3

Leave a Comment