Pengurus AMSI Jawa Tengah Dilantik

UNGARAN , majapah-prosekutor.com – Pengurus Wilayah Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah periode 2020-2023 resmi dilantik oleh pengurus AMSI pusat, Jumat (27/03/2021) sore di Hotel Griya Persada Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.

Hadir beberapa pengurus pusat, yakni Bendahara Umum Maryadie, Koordinator Wilayah DKIJabar/Banten  Ronny Kusuma, Koordinator Wilayah Jateng/Yogya/Jatim/Bali/NTB  Suwarmin dan  Badan Pertimbangan dan Pengawas Sapto Anggoro.

Dalam acara yang yang dirangkai dengan Rapt Kerja Wilayah AMSI Jateng 2021 ini juga hadari Ketua DPRD Jateng H Bambang ‘Kribo’ Kusriyanto yang sekaligus membuka acara, dan Bupati Semarang yang diwakili Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Semarang Alexander Gunawan.

Pengurus AMSI Jawa Tengah 2020-2023 yang dikukuhkan saat ini adalah hasil Konferwil II AMSI Jateng pada bulan November 2020 di Semarang, yang saat itu terpilih secara aklamasi yakni Nurkholis sebagai ketua, Rini Yustiningsih sebagai sekretarisnya.

Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto mengatakan, pada era digital atau online ini, masyarakat bisa mendapat informasi dengan cepat. Namun, kenyataanya, tidak sedikit pula informasi yang didapat itu berisi informasi yang tidak valid, berita bohong (hoax), dan ujaran kebencian. Media siber yang menjadi pilar democrat keempat hendaknya mampu mengedukasi masyarakat sehingga nantinya berdampak positif dalam pembangunan di daerahnya.

“Saking cepatnya informasi melalui media online, maka banyak pula hoax yang beredar. Harapan kami, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mampu memberikan informasi aktual dan faktual kepada masyarakat,” kata Legislator PDI Perjuangan yang ini dalam sambutannya.

Menurut Pria yang akrab disapai Bambang Kribo ini, peran media siber dalam pembangunan itu sangat penting, mengingat saat ini masyarakat sudah sangat akrab dengan sistem online. Sebagai contoh, media siber harus mampu memberitakan DPRD sesuai kinerja yang dicapai.

“Saat ini, ada media baik dan ada pula media jahat. Jangan sampai negara ini hancur akibat media (jahat) tersebut. Untuk itu, saya berharap kerjasama antara teman-teman media disini. Diharapkan pula, media online bisa memberitakan DPRD secara baik,” kata Bambang Kribo.

”Jadi, apa yang disampaikan itu memang fakta yang ada. Bukan hanya sekedar beritanya baik namun tidak sesuai kenyataan. Harapannya, tidak ada korupsi di lembaga-lembaga, terutama DPRD. Dengan begitu, kita bersama-sama bisa membangun Jateng yang lebih baik,” Bambang Kribo menambahkan.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Semarang Alexander Gunawan yang membacakan sambutan Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan pada di era digital saat ini media siber menjadi kebutuhan masyarakat. Sebagai konstituen Dewan Pers, media siber yang tergabung di AMSI harus mampu menjadi jatidirinya sendiri yakni sebagai media informasi dan inspirasi.

“Anggota AMSI bisa berperan agar hoax dan ujaran kebencian tidak muncul di media online,” katanya.ist/saf/kie-MP7

Leave a Comment