Kejari Karo Limpahkan Kasus Korupsi Lahan TPA Dokan

KARO, majalah-prosekutor.com – Kasus tindak pidana korupsi pengadaan lahan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Dokan Kecamatan Merek Kabupaten Karo 2016 akhirnya dilimpahkan ke meja hijau oleh JPU Kejaksaan Negeri Karo. Dan kasus ini bakal menyeret Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan CT ke kursi pesakitan.

Kajari Karo, Denny Achmad melalui sambungan selularnya kepada PROSEKUTOR mengatakan bahwa berkas CT selaku pengguna anggaran, berkas telah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Pengadilan Negeri Medan.

“Sidang pertama dijadwalkan berlangsung besok Kamis (12/11/2020).”

Denny juga mengatakan perkara ini merupakan rangkaian lanjutan dari Perkara Tindak Pidana Korupsi Studi Kelayakan untuk pemilihan lahan TPA Sampah atas nama Terdakwa BK dan R, yang sudah lebih dahulu disidangkan.

Sementara itu menurut Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Karo, Andriani Sitohang, nilaierugian negara dalam Korupsi Pengadaan Lahan TPA Sampah ini mencapai Rp1,481 miliar lebih.

Terpisah, sekretaris DPC Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) Kabupaten Karo Jhon Ginting, mengapresiasi atas kinerja Kejaksaan Negeri Karo yang mengungkap kasus korupsi di Kabupaten Karo. Dan terus memantau perkembangan dari perkara korupsi pengadaan lahan TPA tersebut.

“LAMI tetap memantau perkembangan kasus korupsi ini, apalagi ini menyangkut pejabat tinggi. Ini menjadi pembelajaran bagi pejabat lain. Dan ke depan juga mengharapkan Kejari Karo tetap eksis mberantas para korupsi di Bumi Turang ini.”

“Dan perlu diketahui bahwa di tahun 2017, DPC LAMI juga pernah melaporkan CT atas kasus pembangunan Tugu Mejuah-juah Berastagi di dinas kebersihan dan pertamanan tahun 2016 dengan nilai pagu Rp679 juta rupiah ke Kejari Karo, namun, ntah apa sebab musababnya sehingga kasus tersebut di-SP3-kan,” jelas Jhon Ginting.ist/franky-MP6

Leave a Comment