Kejari Gresik Bersama BPN dan Pemda Selamatkan Asset Rp 100 M

GRESIK –  Kerja keras Kejaksaan Negeri Gresik membuahkan hasil dengan berhasil menyelamatkan hampir Rp 100 miliar aset Pemda Gresik. Tim Inventarisasi aset yang membentuk bupati Gresik yang terdiri dari Pemda Gresik, Kejari Gresik dan ATR / BPN Gresik telah menyerahkan 21 sertifikat tanah milik pemda.

Tidak hanya itu, sebenarnya yang telah diselamatkan sekitar 201 aset milik pemda. Akan tetapi, saat ini 21 aset sudah disertifikasikan, sedangkan 180 aset lainnya masih dalam proses sertifikasi.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gresik, Heru Winoto, melalui Kasi Intelijen, R. Bayu Probo Sutopo, menegaskan bahwa Pengamanan Penertiban dan Penyelamatan Aset Pemerintah menjadi bagian dari langkah-langkah penegakan hukum yang berkaitan dengan hukum yang memerlukan legalitas legal (yuridis formal).

“Di lapangan kami banyak menemukan aset milik Pemda Gresik yang masih dikuasai oleh pihak ke tiga yang tidak memiliki hak dasar kepemilikan. Untuk itu tugas kami untuk menertibkan agar aset kembali ke Pemda. “

Lebih lanjut berbicara, Kejari Gresik melalui bidang Intelijen, Pidsus dan Datun melakukan sinergitas dengan pemangku kepentingan terkait. Terkait dengan upaya agar penertiban administrasi atas aset yang belum jelas milik Negara atau pemerintah harus dipulihkan.

Peran dan langkah nyata Kejaksaan dalam hal ini untuk mendukung program pemerintah. “Kami senyap bekerja namun nyata dalam hasil (output),” katanya.

Kedepan pihak Kejari Gresik akan terus meningkatkan perencanaan dengan memperbaiki pola penilaian bersama BPN, Dinas Pertanahan, Bagian Aset DPPKAD sementara BPK meningkatkan sistem pengaturan administrasi administrasi pencatatan dan legalitas aset dapat dipulihkan sesuai dengan hukum dan tata kelola Aset Negara.

Seperti diketahui, sebenarnya ada 80 aset pemerintah yang berhasil dituntaskan dan baru 21 sertifikat yang disetujui dengan nilai taksasi hampir 12, 5 Miliar. ”Kalau 201 aset ini bisa kita pulihkan dan amankan bisa mencapai 100 Miliar,” jelasnya.

Ditambahkannya, Kejaksaan Negeri Gresik dan Tim Inventarisasi aset Pemkab Gresik akan terus mencari, aman serta memulihkan aset dapat digunakan dan ditatakelola sehingga memililki nilai ekonomis yang tinggi. ist / franky-MP6

Leave a Comment