Jaksa Agung : ‘Pengangkatan Untung Sebagai Wakil Jaksa Agung Sudah Sesuai Aturan’

JAKARTA-  ST Jaksa Agung Burhanuddin menyetujui pengangkatan Setia Untung Arimuladi sebagai Wakil Jaksa Agung sudah sesuai ketentuan. Dalam hal ini, berdasarkan Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor: 76 / TPA Tahun 2020 tanggal 27 April 2020 dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“Sesuai pasal 23 ayat 3 UU 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia, dinyatakan bahwa dapat ditunjuk sebagai Wakil Jaksa Agung adalah Jaksa Agung Muda, atau yang dipersamakan dengan memperhatikan jenjang dan persyaratan karir,” kata Burhanuddin melalui siaran langsung di youtube, Sabtu (02/05/2020).
Pernyataan Jaksa Agung ini sekaligus menangkal rumor bahwa Wakil Jaksa Agung harus mewakili mantan Jaksa Agung Muda.
Pasalnya, Untung merupakan pejabat eselon 1a yang diajukan jabatan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kabandiklat) Kejaksaan RI. Ditegaskan, jabatan Kaban Diklat Kejaksaan adalah setara dengan jabatan Jaksa Agung Muda.  Setia Untung Arimuladi, yang saat ini ditunjuk sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI dalam jabatan struktural eselon 1a yang merupakan pemegang struktural yang sama dengan jabatan struktural Jaksa Agung Muda.”
KARIR CEMERLANG
Di sisi lain, Jaksa Agung juga menjelaskan bahwa Setia Untung Arimuladi memiliki perjalananan karir jenjang yang cemerlang selama berdinas di Kejaksaan RI. Untung pernah beberapa kali mengumumkan jabatan struktural yang strategis. Diucapkan, Asisten Khusus Jaksa Agung RI (02 Agustus 2011), Kapuspenkum Kejagung RI (08 Nopember 2012), Kajati Riau (28 Mei 2014), Karo Umum pada Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung RI (13 Mei 2015), Kajati Jabar (02 Juni 2016), Sesjam Intel (23 Oktober 2017), Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI (15 Nopember 2017 – hingga sekarang).
Setia Untung Arimuladi merupakan pelopor perubahan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sehingga untuk yang pertama kali mendapat predikat WBK sekaligus WBBM dari Kementerian PAN BPR Republik Indonesia, ”jelasnya.
Setia Untung Arimuladi, sebagai Wakil Jaksa Agung RI sesuai dan sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Diberitakan sebelumnya, Jaksa Agung telah mengumumkan secara resmi di rumah dinasnya, Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (29/4/2020), tentang pengangkatan Setia Untung Arimuladi sebagai Wakil Jaksa Agung.
Untung ditunjuk sebagai Wakil Jaksa Agung, diterima Arminsyah yang sebelumnya diberitahukan meninggal dunia pada 4 April lalu. Pengangkatan ini tertuang dalam Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor: 76 / TPA Tahun 2020 tanggal 27 April 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari Dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Di Lingkungan Kejaksaan Agung.
Sementara, pelantikan itu akan dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan, ingat masih dalam masa darurat pandemik Covid 19. franky-MP6

Leave a Comment