Pemulihan Aset Itu Sifatnya Non Litigasi

SEMARANG –  Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jateng bersama Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng melakukan MoU tentang Koordinasi dan kerja sama melaksanakan tugas dan kerja di bidang penegakan hukum serta Pemulihan Aset di bidang Agraria / Pertanahan Tata Ruang. Penadatanganan kerjasama berlangsung di Aula Santosa Kanwil BPN, Semarang, Provinsi Jateng, Kamis (6/2/2020).
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Tengah Priyanto mengatakan, penelusuran aset sangat penting di dalam kerangka penegakan hukum.
“Terutama dalam pemulihan selain penyelamatan terhadap aset-aset negara,” kata Priyanto kepada wartawan seusai persetujuan kerjasama dengan Kepala Kanwil ATR / BPN Jawa Tengah Jonahar di Semarang. Dia mengutip pemulihan aset itu sifat litigasi dan ada juga yang disebut dengan litigasi yaitu penyelamatan aset.
“Ini tugas dari bidang Datun dan belum lama ini kita juga berhasil menyelamatkan pemda terkait masalah aset negara,” ucapnya.
Priyanto pun menyetujui jajarannya akan mendukung dan memberi bantuan kepada BPN terhadap apa yang telah disetujui dalam kerjasama kedua belah pihak.
“Jadi pihak BPN jangan ragu untuk meminta bantuan. Apalagi ini tindaklanjuti dari perjanjian kerjasama yang ditandatangani Jaksa Agung dan Menteri ATR / BPN,” tuturnya.
Kepala Kanwil ATR / BPN Jateng Jonahar mengatakan persetujuan kerjasama dengan Kejati
Terutama, kata dia, terkait pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). “Karena Jawa Tengah untuk PTSL rangking satu nasional di bidang pertanahan,” kata Jonahar.
Ditambahkannya selain PTSL pihaknya juga mendapat lima penghargaan lainnya di bidang pertanahan dengan penghargaan rangking satu nasional.
Perjanjian kerjasama antara Kajati Jateng dan Kanwil ATR / BPN ditindaklanjuti dengan penandatanganan antara Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala BPN se-Jawa Tengah.
Perjanjian kerjasama yang ditandatangani Kajati Jateng Priyanto, bersama Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jateng Jonahar, dihadiri Wakajati Jateng Dr. Erryl Prima Putera Agoes, Asisten Perdata Dan Tata Usaha Negara Asnawi, Asisten Tindak Pidana Khusus Dr. Ketut Sumedana, Asisten Intelijen Ponco Hartanto, Asisten Tindak Pidana Umum Joko Purwanto, Kabag TU Kejati Jateng Fajar Gurindro, Kepala Kejaksaan Negeri se Jawa-Tengah serta Kepala Kantor BPN seluruh wilayah Jateng. muzer / franky

Leave a Comment