Pelantikan Jaksa Baru Angkatan 76

JAKARTA – Selama 6 (enam) bulan sebanyak 100 peserta Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan jaksa (PPPJ) angkatan 76 tahun 2019 telah selesai menjalani pendidikan di ‘kawah Candradimuka’ Badan Diklat Kejaksaan RI.
“Saya berharap ilmu pengetahuan dan pengalaman yang saudara terima dan pelajari harus selalu digunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan yang dimiliki,” kata Jaksa Agung RI, ST.Burhanuddin saat menyampaikan sambutannya pada upacara penutupan PPPJ angkatan 76 dan pelantikan serta pengambilan sumpah Jaksa baru di lapangan apel Badiklat Kejaksaan RI, Jakarta, Rabu (11/12/2019).
Jaksa Agung menegaskan bahwa di dalam menjalankan tugas-tugas penegakan hukum yang demikian luas, beragam dan kompleks kelak tidak dapat dihindari akan ditemukan aneka ragam, corak dan modus dari tindak pidana yang terjadi, terlebih dengan kemudahan pemanfaatan sarana dan teknologi informasi yang canggih.
“Untuk itu saudara dituntut untuk bekerja secara cermat, cerdas, peka dan arif, guna menyelaraskan diri dengan dinamika perkembangan agar mampu menangani tantangan dan kendala dalam tugas. Demi terselenggaranya penegakan hukum yang mencerminkan keadilan, kepastian dan kemanfaatan serta berkolerasi positif untuk memastikan hadirnya tatanan kehidupan bermasyarakat yang aman dan tertib,” kata Burhanuddin.
Selain itu Jaksa Agung meminta pada Jaksa yang baru saja dilantiknya untuk merepresentasikan diri sebagai penegak hukum yang mampu sejalan dan selaras dengan visi dan komitmen pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Maju dalam penegakan hukum yang berkualitas dan mampu mendukung terciptanya keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional di segala bidang, dalam rangka meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
Oleh karena itu Jaksa Agung berharap Jaksa baru senantiasa menjadi pelopor perubahan di tempat penugasan yang baru.
Sebelumnya Kaban Diklat Kejaksaan RI, Setia Untung Arimuladi dalam laporannya menyampaikan bahwa PPPJ angkatan 76 tahun 2019 diikuti sebanyak 100 peserta yang berasal dari Kejaksaab Agung, Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia yang terbagi menjadi tiga kelas.
Dalam pelaksanaan PPPJ angkatan 76 Badan Diklat Kejaksaan telah melakukan audisi terhadap 37 peserta yang dianggap terbaik dengan para penguji yang terdiri dari perwakilan para Jaksa Agung Muda, staf ahli Jaksa Agung dan Widyaiswara untuk memperoleh 10 besar.
“Kesepuluh lulusan terbaik adalah Peserta Rizkisyah Karoen Nasution, Christian Dior P, Rizky Putradinata, Devika B, Dewi K, Nathaniel, Dimas T, Joko F, M.Imam Akbar dan Tomy Herlix,” beber Kaban Diklat.
Turut hadir dalam upacara penutupan dan pelantikan jaksa baru tersebut para Jaksa Agung Muda, Kaban Diklat, Staf Ahli Jaksa Agung, Ketua Komjak, para Widya Iswara, keluarga orang tua PPPJ dan sejumlah undangan dari instansi lainnya.muzer/franky-MP1

Leave a Comment