AKD Provinsi Jawa Tengah Terbentuk

SEMARANG –  Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang disingkat (AKD) Provinsi Jawa Tengah periode 2019-2024 resmi terbentuk. Rancangan putusan pembentukan AKD ini telah disahkan dalam sidang paripurna yang berlangsung di Gedung Berlian Jalan Pahlawan, Semarang, Selasa (1/10/19) sore.

Rapat paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto dengan dihadiri oleh 101 anggota DPRD. Hadir Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin Maimoen.

Dalam sidang ke-3 tahun 2019 ini, diputuskan lima komisi, lengkap dengan susunan ketua, wakil ketua, sekretaris dan anggota. Selain itu juga mengesahkan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Badan Kehormatan (BK), lengkap dengan ketua, sekretaris dan anggota.

“Rancangan putusan komisi, BK, dan Bapemperda telah disetujui. Keputusan ini sekaligus menjadi ketetapan DPRD Jateng Nomor 40 tahun 2019,” kata Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto.

Dalam kesempatan itu juga dibacakan lima ketua komisi, BK, dan Bapemperda beserta jajarannya masing-masing.

Susunan pimpinan komisi-komisi adalah sebagai berikut; Komisi A (bidang pemerintahan) Ketua M Soleh (FPGolkar), Wakil Fuad Hidayat (FPKB) dan Sekretaris Irna Setyawani (FPDIP).

Komisi B (bidang perekonomian), Ketua H Sumanto (FPDIP), Wakil Sri Maryuni (FPAN), Sekretaris Ngainur Richard (FPPP). Komisi C (bidang Keuangan) Ketua Asfirla Harisanto (FPDIP), Wakil Sriyanto (FPGerindra) dan Sekretaris Hendri Wicaksono (FPKB).

Komisi D (bidang pembangunan) Ketua Alwin B (FPDIP), Wakil Hadi Santoso (FPKS) dan Sekretaris Chamim Irfani (FPKB).

Komisi E (bidang kesejahteraan rakyat), Ketua Abdul Hamid (FPKB), Wakil Ketua Abdul Azis (FPPP) dan Sekretaris Sri Ruwiyati (FPDIP).

“Bapemperda diketuai Iskandar Zulkarnaen dari Fraksi Gerindra, dengan Wakil Ketua Bambang Eko dari Fraksi Demokrat. Kemudian Ketua Badan Kehormatan dipilih Bambang Baharudin dari Fraksi PDIP dan Romli Mubarok dari Fraksi PKB sebagai wakil,” terangnya.

Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah Ferry Wawan Cahyono mengatakan pembentukan AKD ini dilakukan sebagai upaya untuk menunjang kinerja dewan lebih baik lima tahun ke depan. AKD akan melaksanakan tupoksi dengan sebaik baiknya yang diharapkan mampu mendukung kemajuan Jawa Tengah yang lebih baik.

“Pembentukan tatib ini mengacu dengan tata tertib DPRD yang sudah disahkan Senin kemarin (30/9/2019),” kata Ferry Wawan usai rapat paripurna.

Sementara, Ketua Komisi A DPRD Jateng M Soleh mengatakan, dirinya siap menjalankan amanah sebagai ketua komisi A DPRD Jateng. Dia berharap semua anggota komisi A bisa bekerja sama dengan baik dan kompak.

“Kami ingin membangun kebersamaan. Kami ingin komisi A kompak. Dengan kekompakan, kita bisa berbuat banyak, maksimal dan terbaik untuk rakyat Jawa Tengah,” kata Soleh.

Selain menjaga kondisi internal komisi, M Soleh juga akan menjalin komunikasi dengan komisi lain dan mitra strategis pemerintahan  Propinsi Jawa Tengah. “Kami akan menjalankan tupoksi komisi A dengan sungguh-sungguh dan amanah. Kami akan menyukseskan program-program yang sudah digariskan sebelumnya,” katanya.

Dalam menjalankan tugasnya, pihaknya akan terus melakukan inovasi-inovasi guna kesuksesan program-program yang sudah direncanakan. Tentu saja, inovasi yang tetap pada jalurnya. “Sambil jalan nanti, kita akan banyak berdiskusi dengan semua pihak untuk kemajuan Jawa Tengah,” kata Ketua Fraksi Partai Golkar ini.

Sebagai informasi, sehari sebelumnya, yakni Senin (30/9/19) DPRD Jateng menggelar rapat paripurna dengan agenda pengucapan sumpah/janji Pimpinan definitif DPRD masa Jabatan periode 2019-2024. Merak yakni Bambang Kusriyanto (PDI Perjuangan), Sukirman (PKB), Heri Pudyatmoko (Partai Gerindra), Ferry Wawan Cahyono (Partai Golkar), Quatly Abdulkadir Alkatiri (PKS).

Pada pertemuan paripurna tersebut, turut membantu disahkan Perda Tata Tertib DPRD. Pada perda itu akan menjadi acuan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) mulai dari pimpinan DPRD, Badan Musyawarah, komisi, Badan Anggaran, Badan Kehormatan, Bapemperda, dan alat kelengkapan lain yang diperlukan. humas / franky-MP4

Leave a Comment