Kejaksaan Harus Berperan Aktif Dalam Pembangunan

  1. JAKARTA – Jaksa Agung RI HM.Prasetyo memimpin upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-59 Tahun 2019 dengan tema ‘Tingkatkan Pengabdian Demi Kemajuan Keunggulan Dan Keutuhan Negeri’ yang berlangsung di Badan Diklat Kejaksaan RI, Ragunan, Jakarta, Senin (22/7).
Dalam kesempatan ini Jaksa Agung mengingatkan 5 perintah harian yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajarannya.
Pertama, tingkatkan profesionalitas, kemampuan perorangan dan kesatuan sebagai bekal mengantisipasi, menangani dan menuntaskan setiap masalah dan tugas yang akan dan sedang dihadapi.
Kedua, Pupuk semangat solidaritas, mampu bekerja sama, berkordinasi dan bersinergi, memegang teguh prinsip dan jati diri, agar tetap terjaga dan dijunjung tinggi.
Ketiga, tingkatkan perjuangan dan kejujuran mengatasi kekurangan dan kesalahan dirimu sendiri kepekaan, cepat lakukan langkah perbaikan dan koreksi.
Keempat, kukuhkan jiwa korsa landasan utama kebersamaan Insan Adhyaksa yang saling mendukung, didukung, diperkuat, dan diperkuatkan sebagai penopang eksistensi, kebanggaan, martabat dan harga diri kemitraan untuk tetap mendukungnya.
“Dan memenangkan, mempersiapkan diri untuk mengabdi dan bekerja sepenuh hati demi kemajuan, keunggulan dan keutuhan Negeri,” papar Jaksa Agung.
Selain itu Jaksa Agung, juga menghimbau agar membuat mengingat Hari Bhakti Adhyaksa tahun ini sebagai momen untuk mendapatkan komitmen, mengukuhkan tekad dan semangat mewujudkan keserasian, menyelarasan serta menyeimbangkan di antara persamaan, keadilan dan kepastian.
“Hal ini melalui pelaksanaan penegakkan hukum yang menjadi kewenangan, tugas dan tanggung jawab kita. Agar tanpa kecuali dan tanpa perbedaan memberi manfaat dan dapat dirasakan oleh pencari keadilan dan oleh segenap lapisan masyarakat secara keseluruhan.”
Kepada segenap jajaran Kejaksaan, HM Prasetyo menghimbau perlunya meneguhkan kembali komitmen untuk semakin meningkatkan pengabdiannya demi segera terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang maju, unggul, utuh, adil dan makmur.
“Hal ini senafas dengan semangat bangsa Indonesia yang sedang menyongsong perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan nya yang ke 74 di Tahun 2019 ini, melalui seruan dan ajakan untuk maju bersama nenuju Indonesia unggul,” tekannya.
Jaksa Agung juga mengatakan, peringatan Hari Bhakti seperti ini, akan selalu mengingatkan dan menumbuhkan kembali kesadaran segenap Insan Adhyaksa pengakuan tentang masih banyaknya kekurangan yang harus diperbaiki, ditata, dibenahi, dan disempurnakan, bersamaan upaya menyelaraskan orientasi pemikiran dan cara kerja sebagai sebuah kehendak untuk berubah, melakukan pembaharuan dan penyesuaian berkenaan dinamika perkembangan berbagai aspek kehidupan seiring semakin besarnya ekspektasi, harapan dan tuntutan masyarakat atas dipenuhinya hak mereka untuk memperoleh keadilan.
“Kewajiban serta tanggung jawab selaku institusi penegak hukum yang pada sisi lain harus pula berperan aktif mendukung, menjaga, dan mengawal keberhasilan semua program kerja pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa,” katanya.
Turut hadir dalam upacara tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Ketua KPK, Wakapolri, Ketua BIN, perwakilan Negara sahabat, serta perwakilan mantan Jaksa Agung dan diikuti seluruh pegawai Kejaksaan Agung, Badan Diklat Kejaksaan, Kejati DKI dan kejari se koordinator DKI, Kejati Banten dan Kejati Jawa Barat. muzer / kie-MP1

Leave a Comment