Jaksa Agung Lantik Pejabat Eselon II dan Kajati

JAKARTA – Jaksa Agung RI Dr.(HC) M Prasetyo melantik dan mengambil sumpah para pejabat baru eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung dan 5 Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati). Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung RI Nomor: KEP-262/A/JA/12/2018 yang di terbitkan pada tanggal 7 Desember 2018.
Jaksa Agung mengatakan, seluruh Jaksa Agung Muda termasuk Kaban Diklat masing-masing memberikan masukan dan penilaian yang layak di promosikan pada jabatan baru.
“Prestasinya seperti apa, dedikasinya seperti apa, loyalitasnya dan yang terpenting adalah integritas insan adhyaksa yang akan dipromosikan pada jabatan itu,” kata Prasetyo usai melantik pejabat eselon II yang berlangsung di Sasana Baharuddin Lopa Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (9/1).
Prasetyo berharap kepada pejabat yang baru saja dilantik agar mempersiapkan diri untuk tugas dan tanggungjawab besar yaitu menyambut pesta demokrasi yaitu pemilihan secara langsung baik calon legislatif maupun pemilihan Presiden.
“Kedepan, ada tugas dan tanggungjawab besar yaitu perhelatan akbar demokrasi. Ini pertama kali pemilihan legislatif bersamaan dengan pemilihan Presiden,” kata Prasetyo.
Dia meminta jajarannya untuk independen. Selain itu, Prasetyo ingin agar jaksa dapat menegakkan hukum tanpa diskriminatif.
“Untuk itu, netralitas dan independensi dari kejaksaan dalam penegakan hukum yang imparsial tidak diskriminatif, tidak mementingkan suatu kelompok atau golongan agar keseluruhan pemilu berjalan damai dan bersih tanpa hoax, tanpa politisasi SARA,” tuturnya.
Dalam kesempatan ini Jaksa Agung menyampaikan ucapan selamat tahun baru 2019 dengan harapan menjadi bangsa yang bermartabat dan lebih baik lagi.
“Semoga kedepan ini kita semua dan bangsa kita akan tumbuh menjadi bangsa yang bermartabat dan lebih baik,” pungkas Prasetyo.
Berikut nama-nama pejabat yang di lantik oleh Jaksa Agung RI:
Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan (Sesjamwas) dijabat Tony Spontana yang sebelumnya menjabat sebagai Kajati DKI.
Posisi Tony digantikan Warih Sadono yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus).
Direktur Penyidikan pada Jampidsus digantikan Asri Agung Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Kajati Kepulauan Riau  dan Kajati Kepulauan Riau diisi Edy Birton yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kajati Jawa Timur.
Kajati Papua dijabat Heffinur yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Penuntutan. Sedangkan Direktur Penuntutan pada Jampidsus dijabat Sugeng Purnomo yang sebelumnya menjabat sebagai Kajati Papua.
Kajati Maluku Utara dijabat Wisnu Baroto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi, dan Eksaminasi pada Jampidsus.
Wisnu bertukar posisi dengan Ida Bagus Nyoman Wismantanu yang sebelumnya menjabat sebagai Kajati Maluku Utara.
Inspektur III pada Jamwas dijabat Dedy Siswadi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindakan Pidana Narkotika dan Zat Adiktif Lain pada Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum). Dan posisi yang ditinggalkan Dedy digantikan M.Dofir yang sebelumnya menjabat sebagai Kajati NTB.
Posisi Kajati NTB dijabat Arif yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kajati Banda Aceh.
Kepala Biro Perencanaan pada Jaksa Agung Muda Pembinaan (Jambin) dijabat M.Taufik yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kajati Kepulauan Riau.
Direktur Ideologi Politik, Pertahanan, dan Keamanan pada Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) dijabat Jaya Kesuma yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan pada Jambin.muzer/franky-MP1

Leave a Comment