Jaksa Agung : ‘Gelorakan Semangat Anti Korupsi Sebagai Gerakan Nasional”

JAKARTA – Momentum peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2018 hendaknya dapat semakin mendorong dan menggelorakan semangat anti korupsi sebagai gerakan nasional yang dilakukan secara bersamaan dan serentak oleh segenap institusi pemerintah dan negara, civil society bahkan masyarakat luas sebagai upaya membangun Indonesia bebas dari korupsi, maju, produktif, inovatif dan efisien.

Hal itu disampaikan Jaksa Agung RI, Dr. (H.C) H.M. Prasetyo saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (10/12). 

Lebih lanjut Jaksa Agung menyampaikan bahwa penegakan hukum yang dilakukan secara sistemik, holistik dan integratif sangat diperlukan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi yang mana kolaborasi, sinergi dan keterpaduan antara proses pencegahan dan penindakan sebagai bagian dari satu mata rantai dan sebuah kesatuan yang tidak saling meniadakan.

“Perlu kita sadari dan resapi bahwa keberhasilan pemberantasan korupsi agar memberikan hasil yang maksimal, terletak pada konsistensi dan kesungguhan kita dalam melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi secara konsisten, tiada henti, pasti dan berkesinambungan sepanjang waktu,” jelas Jaksa Agung.

Selain itu katanya, gerakan bangsa anti korupsi tersebut bukan sekedar sebagai sebuah keinginan namun lebih dari itu,karena dorongan adanya sebuah kebutuhan di tengah semakin masifnya korupsi yang terjadi di tanah air yang menggerogoti pilar-pilar bangsa.

Ditegaskan, keberhasilan pemberantasan korupsi dalam memberikan hasil yang maksimal, terletak pada konsistensi dan kesungguhan kita dalam melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi secara berkesinambungan dalam waktu jangka panjang.

“Melalui peringatan Hari Anti Korupsi ini, marilah kita kembali bersama-sama menyatukan tekad, semangat dan ayunan langkah dengan pasti untuk mencegah dan memberantas korupsi agar dapat membangun masa depan yang menjanjikan bagi negeri dan anak cucu kita. Negeri yang maju dan sejahtera yang bebas dari korupsi”, pungkas Jaksa Agung.

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKI) Tahun 2018 dengan tema’ Melangkah Pasti,Cegah dan Berantas Korupsi’ tersebut mengingatkan dan menyadarkan akan betapa pentingnya meneguhkan, mengukuhkan dan memantapkan kembali komitmen selaku insan Adhyaksa sebagai garda terdepan yang memiliki peran sentral dalam menciptakan proses penegakan hukum dan pencegahan serta pemberantasan tindak pidana korupsi yang dapat dipercaya dan diandalkan.muzer/franky-MP1

Leave a Comment