Kejari Jaksel Terima PKL Diklat TAK

JAKARTA – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Selatan, Ramel Jesaya memberikan pembekalan dan pengenalan terkait teknis administrasi Kejaksaan kepada 37 siswa peserta calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kejaksaan yang mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Tehnis

Adminstrasi Kejaksaan (TAK) kelas V gelombang I tahun 2018 di ruang rapat lantai IV Kejari Jakarta Selatan, Kamis (15/2).

Dalam pemaparan tersebut, Ramel menyampaikan tentang tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) institusi Kejaksaan yang wajib diketahui para siswa. “Kegiatan ini adalah sangat strategis, dan bermakna bagi kalian semua. Apalagi bagi saudara-saudara yang saat ini merupakan calon Pegawai Negeri Sipil di Kejaksaan. Kita tahu di kejaksaan terdapat pengetahuan bagaimana yang dikerjakan, bagaimana yang dilakukan. Bagaimana pelaksanaan pekerjaan masing-masing bidang nantinya. Saya bersyukur adik-adik siswa yang hadir disini mendapat pemahaman dan pengetahuan tentang bidang-bidang yang ada di Institusi Kejaksaan.”

Menurut pria yang sebelumnya menjabat Aspidsus Kejati Sulawesi Tenggara ini menuturkan bahwa dengan adanya pemahaman tentang Tupoksi Kejaksaan, para peserta diharapkan dapat memahami, menyikapi serta mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang ada di kejaksaan. “Apalagi baru kali ini peserta TAK CPNS Kejaksaan mengikuti kegiatan

Praktek Kerja Lapangan (PKL).”

Perlu diketahui, Diklat TAK selama ini belum pernah diterapkan kegiatan PKL Namun di bawah

pimpinan Setia Untung Arimuladi selaku Kepala Badiklat, peserta program Diklat TAK  mengikuti kegiatan PKL. Dan dari 529 peserta Diklat TAK telah melakukan kegiatan PKL ke 14 Kejari yang ada di Jabodetabek dan sekitarnya.

“Meskipun hanya bersifat umum. Tapi ini strategis sifatnya. Dan nantinya masing-masing bidang, adik-adik bisa mengetahui semua apa yang menjadi tupoksi masing-masing bidang yang ada di kejaksaan. Sebenarnya ada satu lagi bidang yaitu pengawasan, Namun itu mungkin ada diklatnya tersendiri,” tambah Ramel.

Menurut Ramel prioritas yang harus dipahami para siswa-siswi Diklat TAK adalah bidang administrasi tehnis, mulai dari penanganan perkara, penyelidikan, penyidikan hingga putusan yang berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

“Semua harus dipahami karena persoalan administrasi merupakan salah satu yang terpenting dalam suksesnya pelaksanaan tupoksi kejaksaan. Pembekalan ini juga bisa menjadi modal bagi adik-adik agar tidak takut dalam menjalankan tugas.”

Dalam PKL ini para peserta dibagi menjadi lima kelompok sesuai bidang yang ada di Kejaksaan. Masing-masing kelompok dipandu oleh Kepala Seksi (Kasi) yang membidangi Pembinaan, Pidum, Intel dan Datun.

“Karena ke depannya para peserta Diklat TAK yang mengikuti PKL di Kejari Jaksel ini adalah penerus pemegang tongkat estafet kepemimpinan Kejaksaan. Ini langkah awal untuk kesuksesan kalian,” pungkas Ramel.muzer/franky-MP1

Leave a Comment