Taiwan Higher Education Tawaran Beasiswa

SEMARANG – Pendidikan merupakan kunci utama dalam membentuk sumber daya manusia di era globalisasi. Era keterbukaan bergerak cepat membuat kita harus mau membuka diri dan mau untuk terus berubah. Hal tersebut disampaikan oleh Fery T, Ketua Panitia Taiwan Higher Education Fair 2018 Semarang di Hotel Crown hari ini (9/2).

Dengan pertimbangan itulah, Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) ingin membuat sesuatu yang berharga untuk ikut mencerdaskan generasi muda. Salah satu usaha adalah dengan mengadakan pameran pendidikan yang diikuti oleh 20 universitas terkemuka di Taiwan.

Dalam pameran tersebut banyak ditawarkan beasiswa S1-S3 dengan syarat yang mudah.

Pemerintah Taiwan mendorong mahasiswa berprestasi dari berbagai negara untuk meneruskan jenjang pendidikan perguruan tinggi di Taiwan. “Setiap universitas punya keunggulan masing-masing, ada banyak program beasiswa pendidikan di Taiwan,” kata Rini Lestari, Chairman Taiwan Education Center Indonesia.

Beberapa beasiswa yang ditawarkan di Taiwan, diantaranya ialah Ministry of Education (MOE), Taiwan Scholarship, Ministry of Science and Technology (MOST) Taiwan Scholarship, International Higher Edication Scholarship Program of Taiwan ICDF, serta Huayu Enrichtement Scholarship (HES) yang di khususkan untuk mempelajari bahasa Mandarin.

“Pemerintah Taiwan berencana memberi bantuan dana beasiswa pendidikan serta tunjangan hidup pada mahasiswa berprestasi. Peluang ini tentu bisa diambil mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan study di Taiwan,” terang Rini.
“Selama ini masyarakat Indonesia belum banyak yang tahu kalau di Taiwan banyak Universitas berkualitas bagus tak kalah dengan Amerika, akan tetapi biaya hidup, biaya kuliah lebih murah,” kata Rini.

Kelebihan menempuh pendidikan di Taiwan, lanjut Rini, adalah fasilitas kampus yang sangat canggih, akses internet yang cepat dan murah, lingkungan kampus yang nyaman dan aman, serta adanya study room yang buka 24 jam untuk ruang belajar yang nyaman.

“Bagi mahasiswa muslim, di Taiwan sudah ada sertifikasi halal untuk produk dan makanan. Sehingga umat muslim tidak perlu bingung untuk makan sehari-hari. Bahkan tempat untuk menjalankan ibadah shalat juga mudah didapatkan di Taiwan,” katanya.
Untuk diketahui, Taiwan Education Center (TEC) Indonesia bekerja sama dengan Institusi pendidikan di Indonesia menyelenggarakan Taiwan Higher Education Fair 2018 di tiga kota besar.

Dalam pameran di kota Semarang, Taiwan Higher Education Fair diikuti 25 perguruan tinggi terbaik Taiwan, diantaranya National Taiwan University, Tunghai University, National Sun Yat-sen University, Taipei Medical University, Providence University dan Tzu Chi University.marnie-MP1

Leave a Comment