Terpidana Mati Akan Dieksekusi 18 Januari

Kejaksaan Agung (Kejagung) akan segera mengeksekusi 6 terpidana mati pada 18 Januari 2015. Persiapan teknis tengah disiapkan bagi 5 terpidana yang akan dieksekusi di Nusakambangan dan 1 di Boyolali, Jawa Tengah.

Dari 6 terpidana mati itu, 5 di antaranya merupakan warga negara asing. Jaksa Agung HM Prasetyo menyebut ada permintaan terakhir dari salah satu terpidana tersebut. Apa itu?

“Ada satu permintaan, dari si terpidana meminta jenazahnya dipulangkan ke negaranya. Tentunya kita akan penuhi ini,” ucap Prasetyo di kantornya, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Kamis (15/1). Prasetyo tidak menyebutkan identitas terpidana tersebut.

Prasetyo menyebut nantinya jenazah terpidana mati tersebut akan dibawa ke bandara terdekat dari lokasi hukuman mati. Jampidum era 2006 itu menyebut dua bandara terdekat yaitu Solo dan Semarang.

“Hanya tentunya kita akan serahkan jenazah itu di lapangan terbang terdekat di Indonesia ini. Jadi kalau di Jawa Tengah yang terdekat tentunya apakah di Solo atau di Semarang nanti tergantung kesepakatan kita dengan pihak yang meminta,” ucap Prasetyo.

Nantinya,lima terpidana itu akan dieksekusi di Nusakambangan, sementara satu lagi di Boyolali. Prasetyo menyebut satu terpidana yang dieksekusi di Boyolali adalah terpidana wanita tanpa menyebut identitasnya.

Dari data yang dimiliki PROSEKUTOR, terpidana mati yang akan dieksekusi di Boyolali adalah warga negara Vietnam Tran Thi Bich Hanh. Saat ini wanita yang divonis mati oleh PN Boyolali November 2011 silam itu, masih mendekam di Lapas Bulu.

Wanita 37 tahun yang ditangkap di Bandara Adi Soemarmo Solo karena membawa narkoba ini memiliki permintaan terakhir sebelum dieksekusi. Dan nampaknya permintaan Tran inilah yang diungkapkan oleh Jaksa Agung, Prasetyo.

Berikut daftar nama keenam terpidana yang akan dieksekusi:

  1. Marco Archer Cardoso Moreira (WN Brazil)
  2. Namaona Denis (WN Malawi)
  3. Daniel Enemuo alias Diarrassouba Mamadou (WN Nigeria)
  4. Ang Kiem Soei alias Kim Ho alias Ance Tahir alias Tommi Wijaya (WN Belanda)
  5. Tran Thi Bich Hanh (WN Vietnam)
  6. Rani Andriani alias Melisa Aprilia (WNI)

dtc/franky-kie

Leave a Comment