Majalah Prosekutor Online

Suluh Hukum Masyarakat

Thursday, Nov 23rd

Last update11:58:11 AM GMT

You are here

 

Kabar Gedung Bundar

Kemandirian Jaksa dan tugas Penuntutan

Surel Cetak PDF

MAJALAH-PROSEKUTOR.COM, Jakarta - Dr. Jan Maringka memaparkan Kemandirian Jaksa dan tugas Penuntutan, sudah ada sejak jaman kerajaan majapahit, pada masa penjajahan belanda dikenal jabatan Procucuer General (sekarang Jaksa Agung).

Pada saat Indonesia merdeka, berdasarkan pasal II aturan peralihan UUD 1945 fungsi kejaksaan tetap di pertahankan dalam negara kesatuan Republik Indonesia dalam struktural negara RI berada di dalam lingkungan Departemen Kehakiman.

Namun sesudah tahun 1959 (resminya tahun 1961) Kejaksaan dikatakan mandiri jelas mantan Kajari Serang ini.

Pelantikan Pejabat Eselon II

Surel Cetak PDF

Jaksa Agung, HM Prasetyo melantik dan mengambil sumpah para pejabat pimpinan eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung Jakarta, Rabu (17/6).

Mereka yang dilantik  di antaranya adalah Setia Untung Arimuladi yang dimutasi sebagai Kepala Biro Umum pada Jaksa Agung Muda Pembinaan (Jambin) Kejagung di mana sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Riau.

'PJI Memberi Saran Masukan Untuk Proses Promosi'

Surel Cetak PDF

Kejaksaan Agung RI memperingati hari lahirnya PJI (Persatuan Jaksa Indonesia) ke-22 pada 15 Juni 2015 di Jakarta dalam upacara peringatan PJI yang dipimpin langsung oleh Jaksa Agung dan juga sebagai pelindung PJI, HM Prasetyo.   Harlah PJI ke 22 ini mengambil tema 'Melalui Peringatan HUT PJI ke-22 tahun 2015, Kita Wujudkan Peran PJI Dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Integritas Jaksa.'

Jaksa Agung dalam sambutannya mengatakan, PJI telah berupaya untuk memberikan saran dan masukan kepada pimpinan dalan proses mutasi, rotasi maupun promosi para jaksa di seluruh Indonesia.

Pembukaan POR HBA 2015

Surel Cetak PDF

Jaksa Agung RI HM. Prasetyo membuka Pekan Olahraga Adhyaksa dengan tema 'Dengan Olahraga Kita Bangun Jiwa Raga Insan Adhyaksa' di lapangan Kejaksaan Agung Jakarta, Rabu (3/6). Pembukaan POR ini dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-55 tahun 2015 yang jatuh setiap tanggal 22 Juli.

Pembukaan POR diawali dengan menyanyikan Korps Adhyaksa dilanjutkan laporan kegiatan lomba yang disampaikan oleh Kajati DKI Jakarta Adi Togarisman yang merupakan juara umum pada POR HBA tahun 2014.

Halaman 5 dari 14