Majalah Prosekutor Online

Suluh Hukum Masyarakat

Saturday, Nov 18th

Last update08:17:21 AM GMT

You are here

 

Laporan Khusus

Museum Adhyaksa Kejaksaan RI

Rekaman Peran Kejaksaan dalam Sejarah Bangsa Indonesia Secara Obyektif

Istilah Jaksa sudah dikenal dalam kehidupan masyarakat sejak dulu. Dalam catatan sejarah, profesi yang mempunyai peran seperti Jaksa di masa kini, baru dikenal setelah masa kerajaan di Jawa. Istilah Jaksa berasal dari Bahasa Jawab Kuno (Sansekerta) dari kata dhyaksa atau adhyaksa. Pada abad XVII, oleh orang-orang VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie), sebutan Jaksa dieja dengan J-a-x-a.

HINDIA BELANDA

Pada jaman Hindia Belanda, petugas penuntutan yang tergabung dalam satu biro/parket yang terpisah dari hakim. Untuk tingkat Landraad (Pengadilan Negeri) dan Raad van Justitie (Pengadilan Justisi) disebut Parket (Belanda) atau Parquet (Perancis). Sedangkan di Hoogerechtshof (MahkamahAgung) disebut Hoofdparket atau Parket Pusat.

Setyabudi, Hakim Keenam yang Ditangkap KPK

setyabudiKPK menangkap Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bandung Setyabudi Tedjocahyono yang kedapatan menerima suap Rp 150 juta. Setyabudi merupakan hakim keenam yang ditangkap lembaga antikorupsi tersebut.

Setyabudi ditangkap di ruangan kantornya di Pengadilan Negeri Bandung, Jl Martadinata, Jumat (22/3) pukul 14.15 WIB. Bersama hakim yang baru saja dipromosikan sebagai hakim tinggi itu, ditangkap seorang pria bernama Asep.

Halaman 6 dari 6