Majalah Prosekutor Online

Suluh Hukum Masyarakat

Thursday, Nov 23rd

Last update11:58:11 AM GMT

You are here

 

Laporan Utama

Kronologi Penangkapan "BG"

*Miliki E-KTP Kabupaten Sleman

Buronan Empat Tahun Diringkus Saat Pengajian

bg1

Ratusan Terpidana Mati Belum Dieksekusi

Pelaksanaan hukuman (eksekusi) mati di Indonesia kembali mengemuka, khususnya bagi gembong narkoba. Yang paling baru adalah terhadap gembong narkotika Adami Wilson, Kamis (14/3) lalu.

Adami tertangkap pada 2003 silam, dan sempat menjalani kurungan di LP Tangerang, kemudian dipindah ke LP Nusakambangan. Namun selama di penjara dia ternyata masih menjalani dan mengotaki bisnis narkoba (sabu-sabu). Kasus narkoba yang menjeratnya sudah terlampau besar, hingga pada klimaksnya, Adam harus menjalani eksekusi mati.

Hukuman Mati dalam Polemik

Pidana mati merupakan jenis pidana paling tua dan  paling berat dari susunan sanksi pidana dalam sistem pemidanaan di Indonesia. Banyak kalangan beranggapan bahwa hukuman tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan kehendak zaman. Bahkan ada yang menilai hukuman tersebut bertentangan dengan hak asasi manusia (HAM). Namun hingga sekarang belum ditemukan alternatif pengganti bagi hukuman mati.

Kontrovesi Hukuman Mati

“Saya masih selalu berkeyakinan, bahwa ancaman dan pelaksanaan pidana mati harus ada dalam tiap-tiap negara dan masyarakat yang teratur, baik ditinjau dari sudut keputusan hakim maupun dari sudut tidak dapat ditiadakannya, kedua-duanya 'jure divino humano'. Pedang pidana seperti juga pedang harus ada pada negara. Hak dan kewajiban ini tak dapat diserahkan begitu saja. Tapi haruslah dipertahankannya dan juga digunakannya.” Bichon van Tselmonde.

Kontroversi hukuman mati selalu menjadi pembahasan pelik. Bagi pihak yang kontra, Alasan dihapuskannya hukuman mati ialah karena melanggar hak yang paling asasi manusia, yakni hak hidup. Selain itu, manusia adalah makhluk yang self-transendent yang memiliki kemungkinan untuk berubah dan berkembang menjadi lebih baik.

Hukuman Mati

bw

Wawancara dengan Bambang Waluyo, SH.

Wacana hukuman mati tetap hangat dibicarakan.  Pidana mati adalah merupakan jenis pidana yang paling berat dari susunan sanksi pidana dalam sistem pemidanaan di Indonesia. Pidana mati atau hukuman pidana mati (death penalty, capital punishment) merupakan salah satu jenis hukum yang paling tua usianya dalam sejarah kehidupan bermasyarakat, di samping hukuman penjara.

Pertanggungjawaban Korporasi dalam Tindak Pidana Korupsi

Oleh Musri Nauli

Akhir-akhir ini kita sering membaca berita kasus Korupsi. Berita kasus korupsi praktis menghiasi media massa dan menjadi perhatian publik. Hampir praktis, berita korupsi menjadi bahan perdebatan di kalangan ahli hukum (jurist) sehingga kasus korupsi merupakan salah satu topik yang menarik untuk didiskusikan.

Halaman 33 dari 33