Majalah Prosekutor Online

Suluh Hukum Masyarakat

Thursday, Nov 23rd

Last update11:58:11 AM GMT

You are here

 

Laporan Utama

Praktek Penyelesaian Barang Rampasan

JAKARTA - Pemulihan Aset (Asset Recovery) adalah proses yang meliputi Penelusuran, Pengamanan, Pemeliharaan, Perampasan dan Pengembalian Asset tindak pidana atau barang milik negara yang dikuasai pihak lain kepada korban atau yang berhak pada setiap tahap penegakan hukum.

Demikian disampaikan oleh Kepala Tata Usaha (KTU) pada Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejaksaan Agung RI, Emilwan kepada peserta Diklat Aset Recovery angkatan II dengan materi “Praktek Penyeleaian Barang Rampasan” yang berlangsung di Gedung Satya (eks Litbang) Badan Diklat Kejaksaan RI, Jakarta, Selasa (4/4) pagi.

Kasus Raibnya Dana Pemkot Semarang : "Dakwaan Jaksa Dinilai Kabur"

MAJALAH-PROSEKUTOR.COM, Semarang - Penasihat hukum Diyah Ayu Kusumaningrum (DAK), mantan personal banker Bank BTPN Semarang menilai surat dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Semarang kabur. Salah satu alasan ketika perumusan surat dakwaan telah melakukan tindak pidana antara lain bersama-sama dengan R. Doddy Kristiyanto dan Suhantoro yang diberi predikat saksi.

Soewiji menilai bahwa status hukum saksi jelas berbeda dengan status hukum terdakwa dan masih sangat jauh menjadi terdakwa dan pastinya bergantung pada berbagai kualitas hasil pemeriksaan di tingkat penyidikan dan belum ada kepastian menjamin peningkatan status tersangka apalagi terdakwa

Korupsi Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir

MAJALAH-PROSEKUTOR.COM, Semarang : Terdakwa Hartoyo, Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Artha Tunas Mulia meminta pengembalian uang pengganti (UP) kerugian negara yang dijatuhkan kepadanya harus diperhitungkan dengan setoran pokok yang sudah dibayarkan sejumlah Rp 35 juta. Penasihat hukum terdakwa dalam pembelaannya, mengaku sangat keberatan jika UP yang dibebankan sebesar Rp 1,47 miliar tidak dikurangi dengan setorang pokok sebesar Rp 35 juta.

"Meski audit BPKP terakhir Juli 2015 tetapi terdakwa masih membayar setoran pokok yang jumlahnya Rp 35 juta. Tetaplah harus diperhitungkan dikurangi hingga masih ada Rp 1,42 miliar,'' papar Tarwo di hadapan majelis hakim yang dipimpin Antonius Widijantono di Pengadilan Tipikor Semarang, kemarin.

Kejati Jateng Nihil Tunggakan Kasus Korupsi

MAJALAH-PROSEKUTOR.COM, Semarang : Evaluasi tunggakan kasus tindak pidana khusus korupsi yang ditangani Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng diketahui kini zero atau nihil, menyusul secara keseluruhannya sudah diproses baik ke tingkat penyidikan maupun penuntutan.

Hal ini diungkapkan Kepala Kejati Jateng Sugeng Pudjianto usai acara pisah sambut kepala Kejati lama yakni Hartadi di halaman kantor Kejati Jateng, Kamis (10/6) malam.

"Pada prinsipnya semuanya jalan, tunggakannya zero. Sudah diproses semua ke penyidikan sampai penuntutan,'' ujar Sugeng yang sebelumnya menjabat Inspektur III pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan RI itu.

Kejari Semarang Tahan Tersangka Kasus Raibnya Dana Kasda Rp 22,7 M

Setelah melalui proses hukum yang panjang, akhirnya tersangka utama kasus pembobolan dana Kasda Pemkot Semarang di Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) sebesar Rp 22,7 Miliar, Diah Ayu Kusumaningrum resmi ditahan oleh Kejaksaan Negeri Kota Semarang, Rabu (25/5). Diah kemudian dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Semarang setelah sebelumnya menjalani pemeriksaan administrasi oleh petugas Kejari Kota Semarang.

Kunjungan Jaksa Agung Turki

MAJALAH-PROSEKUTOR.COM, Jakarta : H.M Prasetyo di dampingi para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat dan sejumlah pejabat eselon II menerima kunjungan Jaksa Agung Turki Halil Yilmaz dan rombongan di Sasana Pradana Kejaksaan Agung Jakarta, Selasa (24/5) pagi.

Rombongan Delegasi pejabat tinggi bidang hukum Turki yang dipimpin oleh Jaksa Agung Turki tiba di Kejaksaan Agung pukul 09.45 WIB.

Halaman 4 dari 33