Majalah Prosekutor Online

Suluh Hukum Masyarakat

Friday, Nov 24th

Last update09:00:37 AM GMT

You are here

 

Galeri

Kasus 'Pailit' Karena Piutang Casis Miliaran Rupiah Bergulir

Surel Cetak PDF

SEMARANG - Perkara yang menjerat dua bos besar asal Grobogan yakni, Setiyono Raharjo selaku bos CV Lancar Motor (showroom motor bekas) dan Tjan Wen Hung selaku bos CV Zentrum (sekarang sudah pailit dan berganti nama Zentrum MK), ditambah satu lagi EC. Erny Novita dari bos PT Citra Mandiri Multi Finance Semarang, mulai terkuak bahwa masih ada hutang dari terdakwa Tjan Wen Hung mencapai Rp 22 miliar ke korban PT Hartono Raya Motor Semarang, hal itu terungkap dalam sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Senin (5/6).

Dalam kasus tersebut, ketiganya dijerat Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Jateng atas perkara perbuatan memalsukan, mengubah, menghilangkan atau dengan cara apapun memberikan keterangan menyesatkan dalam melahirkan perjanjian jaminan fidusia , yang dilakukan di PT Citra Mandiri Multi Finance Semarang.

Adapun saksi yang diperiksa dalam sidang kedua tersebut sebanyak empat saksi, namun karena majelis hakim aka nada agenda 13 jadwal sidang, maka hanya berhasil memeriksa 2 saksi, majelis hakim juga memastikan minggu selanjutnya akan meneruskan saksi-saksi lain, akan tetapi keempatnya sudah disumpah di persidangan.

Vonis Tinggi Kurir Ekstasi

Surel Cetak PDF

SEMARANG - Anggota DPP Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Lidia Siska Rini mengapresiasi ketegasan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Jateng yang berani menjatuhkan vonis dan tuntutan tinggi terhadap Adi Setyo Nugroho, pengambil paket di kantor Pos berisi 1.000 pil ekstasi, yakni vonis selama tujuh tahun dan enam bulan penjara serta denda Rp 1 miliar subsidair enam bulan kurungan.

“Kami akui bagus ini tuntutan jaksa, maupun vonis majelis hakim. Saya katakana jangan ada kompromi terhadap pengedar atau bandar pelaku narkoba,”kata Lidia saat dihubungi wartawan, Jumat (2/6).

Menurutnya bahaya narkoba tidak memandang usia, sehingga peran keluarga begitu penting dalam hal pencegahan narkoba. Ia berharap agar inspeksi mendadak terkait narkoba di Jawa Tengah terus dilakukan. Jika ada yang tertangkap, Lidia ingin ada tindakan tegas.

"Kan kita perang melawan narkoba, maka harus berani, jangan ragu menjatuhkan vonis berat terhadap pengedar maupun pelaku dan bandar," tandasnya.

ICW Akui Kejaksaan Lebih Optimal

Surel Cetak PDF

JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) belum lama ini melansir kinerja penyidikan aparat penegak hukum tahun 2016, Dari data yang diungkap kinerja Kejaksaan dibawah pimpinan Jaksa Agung HM Prasetyo jauh lebih optimal dibanding KPK dan Kepolisian RI.

Kejaksaan menyidik 307 kasus korupsi dengan tersangka 671 orang, dan kerugian negara Rp949 miliar. Kepolisian hanya 140 kasus korupsi dengan tersangka 337 orang dan kerugian negara Rp 337 miliar, nilai suap Rp1,9 miliar.    

Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hanya menyidik 35 kasus korupsi dengan jumlah tersangka 103 orang, kerugian negara Rp164 miliar dan nilai suap Rp 29,1 miliar.

Divisi Investigasi Indonesia Corruption Watch (ICW) Wana Alamsyah mengatakan, dikeluarkannya rilis terkait kinerja penyidikan aparat penegak hukum tahun 2016 karena secara umum pihaknya melihat kinerja Kejaksaan dan Kepolisian masih fokus pengenaan Pasal 2 dan 3 UU Tipikor.

Membangun Budaya Antikorupsi

Surel Cetak PDF

SEMARANG - Membangun budaya antikorupsi, berarti bagaimana menegakkan nilai-nilai moral dalam praktik sehari-hari. Hal itu disampaikan Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Semarang Theodorus Yosep Parera, saat menjadi pembicara dalam acara Seminar Anti Korupsi bertemakan “Urgensi pendidikan sebagai pilar utama pencegahan korupsi” di gedung K3 Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Semarang (UNNES), Rabu (24/5).

Yosep menyampaikan dalam membangun budaya antikorupsi diperlukan pembentukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa menerjemahkan nilai-nilai baik dan buruk ke dalam tingkah laku sosial. Menurutnya pembentukan kebiasaan itu dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti,pembiasaan bertindak akuntabel.

“Akuntabilitas adalah pengungkapan kenormalan sesuatu secara utuh, baik dari segi keabsahannya maupun dari segi urgensi dan kebutuhan, serta manfaat dan implikasinya,”kata Yosep dalam acara yang diselenggarakan Kelompok Belajar Mata Hati UNNES bekerjasama dengan Perhimpunan Gerakan Masyrakat Perangi Korupsi (GMPK) Kota Semarang tersebut.

Pengukuhan Jampidsus Sebagai Guru Besar

Surel Cetak PDF

MAJALAH-PROSEKUTOR.COM, Semarang - Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung RI, Widyo Pramono akhirnya dikukuhkan sebagai Guru Besar Tidak Tetap Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Widyo Pramono dikukuhkan di hadapan Senat Akademik Undip yang dipimpin Ketua Senat Prof Sunarso dan Rektor Undip Prof Yos Johan Utama, serta sekutar 1000 tamu undangan yang terdiri dari Menteri, para Jaksa Agung Muda, anggota Komusi III DPR RI, kajari se Indonesia serta para praktisi hukum, Sabtu (3/10) di Gedung Prof Sudharto, Undip Tembalang Semarang.

Mapolda Jateng Terbakar

Surel Cetak PDF

Gedung Mapolda Jateng terbakar. Menurut beberapa sumber, api menjalar dari ruang aula gedung 2.

Sampai berita ini diturunkan, para petugas pemadam kebakaran tengah berusaha memadamkan api yang sempat berkobar-kobar.

Halaman 1 dari 19