Majalah Prosekutor Online

Suluh Hukum Masyarakat

Saturday, Nov 18th

Last update08:17:21 AM GMT

You are here

 

Jaksa Agung : Pencegahan Sama Pentingnya Dengan Penindakan

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

JAKARTA - Usia 57 Tahun bukanlah usia muda, karenanya sudah selayaknya dijadikan moment untuk melakukan evaluasi, perenungan dan intropeksi diri atas apa-apa yang selama ini telah kita lakukan. Kita dharma bakti dan dedikasikan serta persembahkan bagi bangsa dan negara ini.

Hal ini disampaikan oleh Jaksa Agung HM Prasetyo saat menyampaikan sambutan pada upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 57 Tahun 2017 yang mengangkat tema 'Satu Tujuan, Satu Sikap, Satu Hati untuk Negeri' yang berlangsung di lapangan apel Kejaksaan Agung Jakarta, Sabtu (22/7) pagi.

Prasetyo menambahkan sebagai penegak hukum tentunya tidak saja harus mampu melakukan penindakan terhadap pelaku kejahatan, namun tak kalah pentingnya juga harus mampu pula mencegah kejahatan tersebut untuk tak dilakukan.

"Dalam hal ini Kejaksaan berada dalam posisi menjalankan peran sebagai neraca penyeimbang antara keadilan, kepastian hukum dan kemanfaatan, sehingga penegakan hukum haruslah seiring dan tidak boleh menghambat jalannya pembangunan yang akan terus dilanjutkan."

Ditambahkannya, karena hal itu sangat penting, mengingat pembangunan nasional sebagai sarana dan upaya mewujudkan Kesejahteraan Rakyat harus semakin giat dilakukan yang untuk itu mutlak perlu ditopang pengawalan pendampingan dan penegakan hukum yang tepat kuat dan bermanfaat.

Lebih lanjut Jaksa Agung menegaskan salah satu tantangan dalam penegakan hukum khususnya pemberantasan tindak pidana korupsi adalah terkait adanya perubahan regulasi serta berbagai varian dan norma hukum baru yang lebih memberi perlindungan dan terkesan berlebihan dalam mengedepankan kepentingan tersangka, terdakwa maupun terpidana. "Sedangkan di sisi yang berbeda berdampak terabaikannya perhatian terhadap hak dari korban kejahatan dan negara yang diwakili oleh aparat penegak hukum."

KINERJA PROFESIONAL
Jaksa Agung meminta pada jajarannya agar selaku aparat negara penegak  hukum tidak boleh kehilangan rasa percaya diri, harus tetap tegar, tetap menunjukkan kinerja yang lebih profesional, lebih sungguh-sungguh, objektif dan lebih proporsional.

Hadir pada perayaan HUT HBA ke 57 mantan Jaksa Agung Hendarman Supandji, para mantan Wakil Jaksa Agung, plt Wakil Jaksa Agung dan para Jaksa Agung muda, plt Kaban Diklat, para staf ahli Jaksa Agung ,kajati DKI dan seluruh pegawai Kejaksaan Agung, Badan Diklat, Kejaksaan Tinggi DKI dan peserta diklat Kepemimpinan  tingkat 4 angkatan 1 dan 2 serta siswa Pendidikan Pembentukan Jaksa (PPPJ) angkatan 74 tahun 2017.muzer/franky-kie

Add comment


Security code
Refresh