Majalah Prosekutor Online

Suluh Hukum Masyarakat

Saturday, Nov 18th

Last update08:17:21 AM GMT

You are here

 

Kejagung Akan Bentuk Tim 'Kawal' Pejabat

Surel Cetak PDF

Kejaksaan Agung akan membentuk Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (P4) untuk mengawal atau mendampingi para pejabat mulai tingkat daerah hingga pusat, agar dalam melaksanakan berbagai program pembangunan tidak menyalahi aturan.

"Saya akan bentuk tim, Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan, saya akan singkat dengan P4," kata Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, di Jakarta, akhir pekan ini.

Upaya tersebut menindaklanjuti pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar penegakan hukum, khususnya di bidang tindak pidana korupsi yang dilakukan Kejaksaan Agung tidak membuat para pejabat takut melaksanakan berbagai program pembangunan karena khawatir menjadi tersangka korupsi.

"Sekarang kita sedang fokus untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan pembangunan. Karena selama ini, kan terdengar berita-berita para pejabat ketakutan untuk menyerap anggaran dan sebagainya," kata Prasetyo.

Menurutnya, Kejaksaan akan mendalami kenapa para pejabat atau penyelenggara negara takut melaksanakan program pembangunan.

"Kita bahkan akan menawarkan diri untuk mengawal pelaksanaan pembangunan itu. Kalau selama ini pejabat selalu dikatakan takut, kita akan kawal dan amankan mereka. Kita berikan pencerahan, kita berikan penyuluhan, bahkan pendampingan di pusat dan di daerah. Itu yang akan kita kerjakan," kata Prasetyo.

Para pejabat bisa memanfaatkan atau melibatkan Tim P4 dalam menjalankan program pembangunan.

"Bisa bertanya kepada kami. Bahkan kami bisa memberikan semacam legal opinion kalau diperlukan. Jadi dengan demikian, tentunya harapan pembangunan bisa lancar, kejaksaan justru mengawal pembangunan dan investasi seperti yang diharapkan presiden itu bisa kita penuhi," kata Prasetyo.

gtr-MP1

Add comment


Security code
Refresh