Majalah Prosekutor Online

Suluh Hukum Masyarakat

Friday, Nov 24th

Last update09:00:37 AM GMT

You are here

 

Majalah Prosekutor Online

Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi di PDAM

lydia

Sejumlah pejabat di lingkungan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Grobogan telah diperiksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Grobogan, terkait dugaan penyimpangan keuangan tahun 2011 yang dilakukan oknum bagian pengadaan.

"Benar, saya tengah mengusut dugaan korupsi di PDAM. Bahkan pengusutannya sudah ke tingkat penyidikan dan mengarah calon tersangka," kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Grobogan, Lydia Dewi Dyah R.N, SH.MH didampingi Kasi Pidsus Budi Santoso SH di ruang kerjanya, Jumat (5/4).

Kejaksaan Tetap Akan Eksekusi Susno Duadji

Jaksa Agung Basrief Arief menegaskan akan tetap mengeksekusi mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol Susno Duadji terkait ditolaknya kasasi Susno oleh Mahkamah Agung. Menurut Basrief, eksekusi telah menjadi tanggung jawab lembaganya yang sudah diatur dalam Undang-Undang.

Wacana Pidana Mati

Wacana hukuman mati akan selalu hangat dibicarakan.  Pidana mati adalah merupakan jenis pidana yang paling berat dari susunan sanksi pidana dalam sistem pemidanaan di Indonesia. Pidana mati merupakan salah satu jenis hukum yang paling tua usianya dalam sejarah kehidupan bermasyarakat, di samping hukuman penjara. Kontroversi hukuman mati apabila dikaitkan dengan HAM untuk hidup memang selamanya (mungkin) tak akan pernah berhenti.

Hukuman Mati

bw

Wawancara dengan Bambang Waluyo, SH.

Wacana hukuman mati tetap hangat dibicarakan.  Pidana mati adalah merupakan jenis pidana yang paling berat dari susunan sanksi pidana dalam sistem pemidanaan di Indonesia. Pidana mati atau hukuman pidana mati (death penalty, capital punishment) merupakan salah satu jenis hukum yang paling tua usianya dalam sejarah kehidupan bermasyarakat, di samping hukuman penjara.

Kontrovesi Hukuman Mati

“Saya masih selalu berkeyakinan, bahwa ancaman dan pelaksanaan pidana mati harus ada dalam tiap-tiap negara dan masyarakat yang teratur, baik ditinjau dari sudut keputusan hakim maupun dari sudut tidak dapat ditiadakannya, kedua-duanya 'jure divino humano'. Pedang pidana seperti juga pedang harus ada pada negara. Hak dan kewajiban ini tak dapat diserahkan begitu saja. Tapi haruslah dipertahankannya dan juga digunakannya.” Bichon van Tselmonde.

Kontroversi hukuman mati selalu menjadi pembahasan pelik. Bagi pihak yang kontra, Alasan dihapuskannya hukuman mati ialah karena melanggar hak yang paling asasi manusia, yakni hak hidup. Selain itu, manusia adalah makhluk yang self-transendent yang memiliki kemungkinan untuk berubah dan berkembang menjadi lebih baik.

Ambarawa miliki website sendiri

Beberapa waktu lalu, saat  PROSEKUTOR menyambangi kantor Kejaksaan Negeri Ambarawa, suasananya ramai dengan banyak PNS berseragam. Mereka bukan datang untuk menggelar demo, ternyata mereka memang sengaja  dipanggil Bidang Datun Kejari Ambarawa terkait dengan kredit macet.

Halaman 97 dari 98

Edisi 31

cover26

Edisi 30

Edisi 28

Edisi 29

cover29