Majalah Prosekutor Online

Suluh Hukum Masyarakat

Friday, Nov 24th

Last update09:00:37 AM GMT

You are here

 

Majalah Prosekutor Online

Peringatan HBA Ke 57 di Kejati Sulsel Dipusatkan di Lima Wilayah

PAREPARE - Peringatan Ultah Kejaksaan atau lebih dikenal dengan sebutan HBA kali ini di Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dipusatkan di 5 Wilayah, atas inisiatif dari Dr Jan Maringka selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel.

Kelima wilayah tersebut, Kejati Sulsel, Kejati Sulbar, Kejari Palopo, Kejari Parepare dan di Kejari Bulukumba. Seperti diketahui, Kejati Sulsel juga membawahi wilayah Sulbar. Sehingga sering disebut sebagai Kejati Sulselbar.

Adapun Inspektur Upacara dipercayakan pada Wakajati dan para asisten di Kejati Sulsel. Di Kejati Sulsel itu irupnya tetap Kajati Dr Jan Maringka. Di Sulawesi Barat, sebagai Irupnya, Wakajati Sulsel Adhe Adhyaksa. Sementara  wilayah lainnya, masing-masing Irupnya adalah para Asisten dari Kejati Sulsel.

Jaksa Agung : Pencegahan Sama Pentingnya Dengan Penindakan

JAKARTA - Usia 57 Tahun bukanlah usia muda, karenanya sudah selayaknya dijadikan moment untuk melakukan evaluasi, perenungan dan intropeksi diri atas apa-apa yang selama ini telah kita lakukan. Kita dharma bakti dan dedikasikan serta persembahkan bagi bangsa dan negara ini.

Hal ini disampaikan oleh Jaksa Agung HM Prasetyo saat menyampaikan sambutan pada upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 57 Tahun 2017 yang mengangkat tema 'Satu Tujuan, Satu Sikap, Satu Hati untuk Negeri' yang berlangsung di lapangan apel Kejaksaan Agung Jakarta, Sabtu (22/7) pagi.

Prasetyo menambahkan sebagai penegak hukum tentunya tidak saja harus mampu melakukan penindakan terhadap pelaku kejahatan, namun tak kalah pentingnya juga harus mampu pula mencegah kejahatan tersebut untuk tak dilakukan.

Pengembangan Kapasitas Intelektual Jaksa Akan Tingkatkan Kualitas Kinerja Kejaksaan Untuk Negeri

JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Wakil Jaksa Agung, Dr.Bambang Waluyo membuka seminar nasional dalam rangka Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke-57 dan Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) dengan tema ’’Melalui Pengembangan Kapasitas Intelektual Jaksa,Kita Tingkatkan Kualitas  Kinerja Kejaksaan Untuk Negeri” yang berlangsung di Sasana Pradana Kantor Pengacara Negara, Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (19/7).

Seminar dalam karya tulis ilmiah itu merupakan pilihan yang tepat untuk di diskusikan penjabarannya dari tekad dan sikap kejaksaan untuk memperkuat soliditas guna menetapkan satu tujuan untuk sama sama membangun negeri tercinta ini.  Jaksa Agung dalam sambutan tertulis menuturkan bahwa Kejaksaan dituntut untuk mampu menjawab tantangan tidak hanya yang bersifat internal, namun juga yang berasal dari eksternal. Untuk mengatasi tantangan yang bersifat eksternal, tentu diperlukan kebersamaan dan kesatuan tekad.

Bidang Pembinaan Kejagung Juara POR-HBA ke-57 Tahun 2017

JAKARTA - Seluruh rangkaian perhelatan Pekan Olahraga dalam rangka hari Bhakti Adhyaksa ke 57 Tahun 2017 secara resmi ditutup oleh Jaksa Agung RI HM.Prasetyo melalui Upacara Penutupan yang berlangsung di lapangan apel kejaksaan Agung Republik Indonesia Jakarta, Selasa(18/7).

Pekan Olahraga yang berlangsung selama kurang lebih sepekan itu diisi dengan perhelatan jenis-jenis cabang olahraga kegiatan sosial  santunan  donor darah  dan  tabur bunga ke taman makam pahlawan kalibata. Penyerahan hadiah lomba dilakukan langsung oleh Jaksa Agung didampingi Plt.Wakil Jaksa Agung Dr.Bambang Waluyo Panitia Umum POR HBA tahun 2017 Dr.Arminsyah, dan keluar sebagai juara umum  POR HBA ke 57 tahun 2017 diraih Bidang Pembinaan.

Jaksa Agung HM Prasetyo dalam kata sambutan mengatakan semuanya tetap menjunjung tinggi sportivitas kerukunan dan kebersamaan karena semua kelompok mempunyai komitmen yang sama, untuk menjadi juara sangatlah penting tapi sebuah kemenangan bukankah tujuan utama yang harus dikejar secara membabi buta melainkan proses perjuangan untuk meraih keberhasilan itulah yang nantinya dibutuhkan untuk mental pribadi seorang Juara sejati yang tetap santun semangat dan suasana kebersamaan jujur tenggang rasa tidak curang tidak membuat lengah dan sombong tapi tetap rendah hati dan bersahaja,”kata Jaksa Agung.

Buruh 'Disulap'Jadi Direktur, Dibui Dua Tahun

SEMARANG - Seorang buruh pengepul kulit asal Pati, Sugiyono, harus merasakan terkurung di penjara. Peristiwa itu terjadi karena dirinya 'disulap' oleh bosnya menjadi Direktur CV Pandawa.Permasalahannya, terdakwa yang tak tahu menahu tentang aktivitas CV tersebut, divonis bersalah atas perkara dugaan korupsi bantuan dana hibah program kegiatan peningkatan sarana dan prasarana unsur harga tanah kepada kelompok tani/ternak/usaha di Kabupaten Pati 2012, senilai Rp 3,070 miliar.

Dalam kasus itu, majelis hakim Pengadilan Tipikor Semarang yang dipimpin Sulistyono, menjatuhkan vonis pidana selama 2 tahun, kemudian membebankan denda Rp 50juta subsidair 2 bulan kurungan, serta uang pengganti (UP) kerugian negara mencapai Rp 66 juta.

Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Pati, Prayitno, sebelumnya menuntut terdakwa dengan pidana selama 3 tahun penjara, dan pidana denda Rp 50 juta subsider 4 bulan kurungan. Kemudian UP kerugian negara sebesar Rp 66.950.743,00 subsider 8 bulan penjara dan membebankan biaya perkara terhadap terdakwa Rp 5 ribu.

Indonesia Mencegah oleh Datun Kejaksaan RI

JAKARTA - Akhirnya buku INDONESIA MENCEGAH (Upaya Pencegahan Korupsi Oleh Kejaksaan Bidang Perdata Dan Tun) resmi beredar di toko-toko buku Gramedia. Buku yang ditulis oleh Dr (HC) Bambang Setyo Wahyudi dan diterbitkan Bhuana Ilmu Populer (BPI / Kelompok Gramedia) ini memberikan warna berbeda tentang Upaya Pemberantasan Korupsi.

Selama ini kita mengenal pemberantasan adalah dengan memidanakan pelaku, padahal ada Upaya Pencegahan yang telah dilakukan oleh Kejaksaan Bidang Perdata dan TUN telah menghasilkan prestasi yang luar biasa. "Melalui pertimbangan Hukum yang diberikan diharapkan dapat mencegah pejabat pengambil keputusan baik di lingkungan pemerintahan maupun korporasi (BUMN/BUMD) melakukan kesalahan dan menjauhi perilaku korup," jelas penulis yang juga Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan TUN (Jamdatun).

Halaman 9 dari 98

Edisi 31

cover26

Edisi 30

Edisi 28

Edisi 29

cover29